Sosialisasi IdREN

Bertempat di Ruang Rapat Senat Lantai 3 UNSOED, Senin (3/10) berlangsung Sosialisasi Indonesia Research and Education Network (IdREN) 2016.  PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk bekerjasama dengan Kementerian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi menyediakan fasilitas Indonesian Research and Education Network (IdREN).

 Acara sosialisasi dihadiri oleh General Manager Wilayah Telkom Purwokerto Edi Kurniadi, Manager BGES Purwokerto Sri Widianto, dan Manager Solution Divisi Enterprise Education Management Service Telkom Indonesia, Arliek Arnastoto. Rektor UNSOED, Dr. Ir. Achmad Iqbal, M.Si., yang hadir membuka acara, menyambut baik adanya sosialisasi ini. Rektor menyampaikan bahwa kedepannya, institusi pendidikan memerlukan pengembangan sistem pendukung proses pendidikan dan pengajaran, sehingga, IdREN relevan dengan upaya pengembangan tersebut.

Manager Solution Divisi Enterprise Education Management Service Telkom Indonesia, Arliek Arnastoto, menjelaskan bahwa IdREN merupakan jaringan tertutup (national close user) bagi Research Sharing antar Perguruan Tinggi dengan inisiatif 3S; Single Network, Sharing and Collaboration, dan Sustainable Platform. Fungsi dari ‎IdREN sebagai jaringan research antar Perguruan Tinggi dan jembatan antara institusi pendidikan dengan industri lainnya. IdRen akan berisi konten riset, pendidikan, dan juga konten eksklusif lainnya. “Topologi dari jaringan IdREN Multi point to Multi point dan saat ini masih bersifat complement yakni 200 Mbps untuk 5 kampus hub, dan 100 Mbps untuk kampus non hub. Tahap awal, bandwidth IdREN untuk 75 kampus perguruan tinggi nasional sebesar 10 Gbps,” beliau menambahkan. Dalam jangka waktu dekat diharapkan Unsoed dapat terkoneksi dan memanfaatkan fasilitas IdREN. Acara sosialisasi dilanjutkan dengan diskusi interaktif dan diakhiri dengan penyerahan cendera mata.

Sumber : http://unsoed.ac.id/id/berita/sosialisasi-idren